Friday, February 2, 2018

BPK Kawal Harta Negara, Peran serta masyarakat dalam mengawal harta negara



“Saya adalah masyarakat umum yang awam dari masalah seluk beluk keuangan dan pemerintahan. Pada suatu hari saya menemukan kejanggalan dalam pengelolaan dana desa. Infrastruktur yang dibuat tidak kuat & cepat rusak. Lalu bagaimana untuk melaporkannya ?”
 Sumber : Tribun News On Google Image

Yah di atas adalah beberapa masalah yang sering muncul di perdesaan yang mendapat kucuran dana dari pemerintahan Jokowi & JK. Banyaknya masalah tersebut mungkin luput dari pemeriksaan BPK saat itu. Kebayang tidak kalau BPK memiliki celah kelemahan tersebut dan di salah gunakan oleh aparatur yang tidak bertanggung jawab? Pasti dana desa yang dikucurkan tidak tepat sasaran bukan & tentunya sangat – sangat merugikan negara bukan, Oleh karena itu Kita sebagai masyarakat dapat membantu BPK dalam melakukan pengawasan harta negara tersebut.

Menurut laporan IHPS Semester 1 2017 yang dapat di unduh disini, BPK sebagai lembaga pemeriksa keuangan negara menemukan setidaknya 2.525 kasus yang melanggar , sehingga mengakibatkan 1,13 T dana pemerintah disalah gunakan. Kebayang coba kalo BPK itu di tiadakan atau dari dahulu ga ada, Pasti bukan Cuma 1,13 T lagi yang hilang bisa beribu – ribu Teriliunan uang tidak terkendali secara baik & pastinya negara mengalami kekacauan Ekonomi , bisa – bisa kita nanti seperti Afrika ( somalia ) hiii , Jangan sampai deh.

Peran serta masyarakat dalam membantu mengawasi harta negara juga sangat penting , Bisa dimulai dari membantu pengawasan Dana Desa, Kegiatan pemerintahan Daerah atau yang lainnya. Karena peran aktif masyarakat juga sangat penting, Karena bisa membantu BPK dalam melakukan pengawasan ditambah bisa menjaga uang negara agar tidak disalah gunakan.

Pengawalan harta negara ini wajib dilaksanakan karena demi kenyamanan Kita dan juga dengan minimnya penyalah gunaan keuangan negara, maka pembangunan Infrastruktur NKRI pun akan semakin merata ke pulau – pulau lainnya. Sudah merata rakyat – rakyat yang ada pun pasti akan semakin giat membayar pajak, Benar bukan ?. Dengan Melaporakan kejanggalan – kejanggalan dalam penggunaan dana ke BPK itu berarti kita sudah membantu Lembaga pemerintah ini untuk menjaga keuangan negara kita juga.

Coba bayangkan , ketika kita menonton TV pasti ada berita ketika salah seorang pejabat negara di tangkap KPK karena melakukan penyalah gunaan wewenang & keuangan. Pasti kita sebagai WNI akan merasa geram & merasa kesal akan hal itu , apalagi kita melaksanakan membayar pajak setiap tahunnya dengan taat, namun uang yang kita bayarkan malah disalah gunakan dan tidak tepat sasaran dengan visi & misi negara. Apakah kita mau terus – terusan melihat kejadian tersebut, pasti tidak bukan .

Sumber : palangkarya.bpk.go.id

Nah bagi masyarakat yang ingin melaporkan kejadian penyelewengan keuangan ke BPK bisa melalui media online lho sekarang. Nih Caranya kita jelasin di bawah :
  1. Uraikan Terlebih dahulu Kejadiannya
    Uraikan terlebih Dahulu Kejadian yang di curigai, Jangan sampai ketika kita melapor tidak mengerti hal apa yang terjadi dan tidak tau menahu
  2. Pilihlah Pasal - pasal yang dilanggar ( sesuai )
    tentunya setiap penyelewengan ada pasal - pasal yang di langgar, mau dari UU , UUD atau yang lainnya , Maka pilihlah pasal yang sesuai dengan kejadian tersebut
  3. Lampirkan Bukti
    Disetiap kejadian pasti ada bukti yang dihasilkan, Jadi jangan sampai lupa untuk melapirkan bukti yang ada, untuk memperkuat masalah tersebut.
  4. Jangan Lupa Identitas
    Identitas Pelapor Sangatlah penting, karena untuk memudahkan petugas ketika ingin menghubungi jika ada pertanyaan lebih lanjut


Bagaimana ? gampang bukan untuk mengawasi dan mengawal harta negara kita ?. Eitss jangan lupa ini ada persyaratan nya juga nih .


1.       WNI ( Warga Negara Indonesia )
2.       Mengisi Formulir pengaduan
3.       Melampirkan identitas diri ( KTP/SIM/yang lain )
4.       Dapat menjelaskan siapa, apa, bilamana, dimana dan bagaimana kejadian yang dilaporkan (kronologis aduan)
5.       Melampirkan bukti awal aduan, seperti: fotokopi dokumen, foto atau barang lain yang dapat memperkuat uraian aduan yang disampaikan.

Nah itu tadi merupakan pendapat kami & mungkin bisa juga berguna bagi kalian yang belum mengerti ingin memulai dari mana. Eitss, sebelum artikel ini kami tutup tak kalah baiknya jika kita mengenal tugas dan wewenang BPK yang bersumber dari Gambaran umum BPK yang bisa di download disini & Buku Saku BPK Dengan judul “Mengenal lebih Dekat BPK” yang bisa di download disni.

Tugas Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK yaitu memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Lembaga Negara lainnya, Bank Indonesia, Badan Usaha Milik Negara, Badan Layanan Umum, Badan Usaha Milik Daerah, dan lembaga atau badan lain yang mengelola keuangan negara.



Nah Sudah tau kan tugas BPK , Yuk Mari kita selamatkan uang rakyat dari penyalah gunaan wewenang & jabatan. Serta Mari kita Awasi terus dan kita kawan harta negara kita , demi mewujudkan pemerintahan yang bersih jujur & adil.



Disqus Comments